2013/03/02

struktur sistem operasi

1. Struktur monolotik
    Yaitu sistem operasi sebagai kumpulan prosedur dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedur lain disitem bila diperlukan.
Contohnya pada sistem operasi MSDOS dan UNIX 

Sistem Operasi MSDOS
    Pada sistem operasi MSDOS, antara aplikasi dan sistem operasi bahkan tidak ada pemisahan yang jelas. Ini menyebabkan mudahnya program-program virus memodifikasi dan merusak sistem operasi MSDOS. Pada sistem operasi MSDOS, program aplikasi memiliki akses untuk memodifikasi bagian sistem operasi (program resident, device driver MSDOS, maupun device drive BIOS).

Sistem Operasi UNIX
   Pada sistem operasi UNIX, ada pemisahan antara program aplikasi dan sistem operasi. Program aplikasi hanya dapat mengakses rutin-rutin sistem operasi lewat System call. Tetapi rutin-rutin sistem operasinya, seperti algoritma penjadwalan prosesor, manajemen sistem berkas, drive disk dan tape.


 Keunggulan Sistem Monolotik 
Layanan dapat dilakukan sangat cepat karena terdapat disatu ruang alamat.

Kelemahan Sistem Monolitik
1.Pengujian dan penghilangan kesalahan sulit karena tak dapat dipisahkan dan dilokalisasi.
2. Suliit dalam menyediakan fasilitas pengamanan.
3. Merupakan pemborosan bila setiap komputer harus menjalankan kernel monolitik sangat besar sementara sebenarnya tidak memerlukan seluruh layanan disediakan kernel tidak fleksibel.
4. Kesalahanpemrograman satu bagian dari kernel menyebabkan matinya seluruh sistem.


2. Struktur Modular (Modules)
Kernel mempunyai kumpulan komponen-komponen inti dan secara dinamis terhubung pada penambahan layanan selama waktu boot atau waktu berjalan. Sehingga strateginya menggunakan pemanggilan modul secara dinamis (Loadable Kernel Modules). Umumnya sudah diimplementasikan oleh sistem operasi modern seperti Solaris, Linux dan MacOSX.
Sistem Operasi Apple Macintosh Mac OS X menggunakan struktur hybrid. Strukturnya menggunakan teknik berlapis dan satu lapisan diantaranya menggunakan Mach microkernel.




link terkait: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar