2013/03/09

Cara Membuat VirtualBox OS XP

Pertama kali dilakukan adalah mengklik bagian “new” berwarna biru seperti gambar berikut.


Lalu, Akan menampilkan tampilan seperti gambar berikut. Lalu, klik “next” pada bagian kanan bawah.


Setelah klik “next”. Dan akan menampilkan seperti gambar berikut. Ketikkan nama sesuai dengan yang kalian inginkan, misalnya “XP” (tanpa tanda petik) dan lalu pilih OS type nya. Lalu klik “next” setelah isian telah diisi.


Setelah isian telah diisi misalnya "XP" dan telah memilih OS typenya yaitu Microsoft Windows, beralih ke bagian "version"nya. pilih sesuai dengan keinginan, misalnya Windows XP. kemudian klik "Next".



Lalu akan muncul tampilan seperti berikut. Kita akan diminta untuk memilih jumlah memori dasar (RAM). Tetapi memori yang disarankan adalah sebesar 192 MB. Dan setelah disesuaikan memori dasarnya, lalu pilih next.


Tampilan berikutnya akan seperti berikut. Pilih “create new hard disk” lalu klik next.


Lalu pilih VDI (VirtualBox Disk Image) dan klik next kembali.


Setelah itu, akan muncul tampilan berikut. Pilih "Dinamically Allocated", lalu klik next.


setelah itu, akan muncul tampilan yang meminta kita untuk memilih ukuran yang akan diisi di virtual disknya. angka yang disarankan adalah 5 MB, agar ketika VirtualBox XP nya digunakan, tidak terjadi lag, karena sisa memory akan digunakan untuk disk diluar VirtualBox (disk Host).


Risalah! Pilih create.


setelah memilih "create", Virtual Machine yang kita buat telah berhasil dan diminta untuk meminta persetujuan kembali. Pilih/klik create.


VirtualBox sudah selesai dibuat.


pada langkah diatas, hardisk virtual telah di create dan siap digunakan. Jika ingin menginstal OS nya, klik pada bagian yang akan diinstal OS nya, lalu klik bagian Setting seperti gambar berikut.


Lalu pilih System.


Setelah masuk di System, atur Base Memory dan pada bagian Boot Order seperti tampilan berikut yang dilingkari, klik sampai tanda centangnya menghilang. karena pada bagian Floppy itu tidak diperlukan. Lalu Klik OK.


setelah selesai, keluar dari System , lalu klik bagian Storage, kemudian klik pada tanda lingkaran kecil yang tampak pada tampilan berikut, yang berguna untuk memasukkan file aplikasi WindowsXP. disana ditunjukkan tampilan " Choose a Virtual CD/DVD disk file", lalu klik pada bagian tersebut. setelah diklik, cari dimana anda menyimpan OS Windows yang akan di instal pada VirtualBox kali ini.


Setelah memasukkan OS yg dicari, lalu Klik Ok.


Kemudian, klik Mulai dan instal OS WindowsXP dalam VirtualBox (caranya seperti menginstal WindowsXP pada umumnya pada komputer/laptop anda)


Setelah proses penginstalan selesai, WindowsXP didalam VirtualBox pun siap digunakan.


Link Terkait:
POLSRI
jurnal polsri
digilib polsri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar